Home » » Obat Kumur Sebabkan Kanker Mulut?

Obat Kumur Sebabkan Kanker Mulut?

Written By Unknown on Tuesday 11 June 2013 | Tuesday, June 11, 2013


Halitosis atau bau mulut. Merupakan hempusan napas yang mengeluarkan aroma tak sedap. Aroma ini berasal dari rongga mulut. Tak ayal, kondisi seperti ini kerap menurunkan kepercayaan diri. Atau bahkan mengganggu orang lain di sekitar.

Banyak dari kita yang lalu mencari solusi pintas. Menjadi pelanggan obat kumur. Seberapa ampuh obat ini membasmi bau mulut? Dokter gigi Cipthadi Oka Binarta, yang juga Dosen Fakultas Kedokteran Gigi, Kesehatan Gigi dan Mulut Mikrobiologi Konservasi Klinik Universitas Trisakti, justru mengatakan hal sebaliknya. Obat kumur malah menimbulkan masalah serius seperti kanker mulut. 

Hal ini dipicu oleh pemilihan kandungan obat kumur yang tidak tepat, yakni alkohol."Umumnya obat kumur yang mengandung alkohol dapat memiliki efek karsinogenik (zat yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh)."

Kanker mulut biasa menyerang lidah terlebih dahulu. Kondisi akan semakin parah dengan gaya hidup tak sehat. Misalnya, rutin mengkonsumsi junk food, merokok, serta adanya faktor gentik.

Gejala awal yang ditimbulkan seperti munculnya rasa menyengat sehingga sensasi terbakar dan perih di mulut. Tak hanya itu, obat kumur beralkohol juga akan membuat mulut lebih cepat kering yang dapat menciptakan bau mulut.

Sebagai pilihan, bahan tepat obat kumur adalah triclosan. zat yang aman dan dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. 
Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.