Home » , , , » Empat Tips Agar Sip Pakai Android

Empat Tips Agar Sip Pakai Android

Written By Unknown on Tuesday 11 June 2013 | Tuesday, June 11, 2013

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan Android atau mungkin masih belum merasa nyaman dengannya, ada beberapa hal yang dapat kamu terapkan. Penggunaan tips dalam pemakaian sebuah perangkat, termasuk Android, tentunya akan sangat membantu mengoptimalkan pemanfaatannya.. Berikut adalah empat tips yang dapat membantu kamu memanfaatkan perangkat Android.
1. Otomatis Update AplikasiSalah satu hal yang pasti dilakukan para pemakai Android adalah memasang aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan, termasuk dari toko aplikasi online seperti Google Play. Setelah terpasang di perangkat Android kamu, sering kali akan ada update terhadap aplikasi tersebut. Nah, terkait dengan update t10-433-EmpatT-gb1tersebut, kamu dapat mengatur agar dilakukan secara otomatis. Jalankan Google Play, kemudian tap ikon preferences (di kanan atas untuk ICS ke atas) atau soft button Menu untuk menampilkan halaman Settings.
Pada halaman Settings, tap item Auto-update apps untuk mengaktifkan update otomatis secara default. Jika kamu menggunakan layanan Internet kuota terbatas, sebaiknya aktifkan juga Update over Wi-Fi only. Berikutnya, jika kamu tidak ingin menampilkan ikon menu aplikasi di layar Home setiap kali pemasangan aplikasi baru, pastikan tidak ada tanda cek pada item Auto-add widgets.
2. Hotkey KeyboardSelain virtual keyboard bawaan dari para vendor, kamu juga dapat memasang beberapa keyboard lain dari pihak ketiga, misalnya SwiftKey. Nah jika kamu butuh keyboard khusus untuk dunia hacking, lebih baikt10-433-EmpatT-gb2pakai Hacker’s Keyboard. Virtual keyboard ini menyediakan tombol-tombol karakter khusus yang tidak ditemui pada lingkungan virtual keyboard default.
Untuk dapat mengganti jenis keyboard dengan cepat, cukup tap dan tahan sedikit lama pada tombol [Spacebar] sampai keluar pop-up pilihan keyboard lain.
Dari semua virtual keyboard yang ada, jika kamu ingin menampilkan tombol karakter khusus, seperti @ % + / dan lainnya, kamu dapat dapat melakukan dengan sekali tap. Caranya, tap dan tahan tombol keyboard . (titik) sampai muncul pop-up daftar karakter khusus. Dari pop-up tersebut, langsung gerakkan jarimu untuk memilih karakter mana yang ingin kamu tampilkan di arena edit. Mudah bukan?
3. Sinkronisasi pada ChromeJika menggunakan browser Google Chrome di Android, sebaiknya kamu aktifkan fasilitas sinkronisasi yang ada. Untuk Google Chrome, cara mengaktifkan sinkronisasi sangatlah mudah. Pada perangkat t10-433-EmpatT-gb3Android, kamu dapat menambahkan akun Google kamu. Setiap penambahan akun Google, kamu dapat memilihnya sebagai akun sinkronisasi browser Chrome. Jika di komputer desktop, kamu dapat menambahkan akun Google di Chrome pada menu Settings > Sign in to Chrome…
Lalu apa untungnya? Manfaatnya, setiap bookmark, history, atau bahkan password yang kita simpan di Chrome, otomatis akan tersinkronisasi di Chrome Android. Jadi, jika kamu mem-bookmark suatu alamat situs web di sebarang komputer dengan Google Chrome, ia secara otomatis akan muncul juga di Chrome Android kamu.
4. Sinkronisasi Folder dengan DropboxJika sudah menggunakan layanan Dropbox, kamu tentunya tidak asing dengan aplikasi Dropbox yang dapat kamu pasang di perangkat Android. Dropbox merupakan layanan penyimpan awan yang spektakuler karena mempengaruhi bagaimana layanan awan dimanfaatkan.
t10-433-EmpatT-gb4Sayangnya, aplikasi Dropbox di Android adalah sebagai sebuah “client” untuk mengakses semua yang ada di penyimpan awan. Bagaimana jika kamu menginginkan agar satu atau beberapa folder di perangkat Android kamu dapat disinkronisasikan ke Dropbox?
Agar lebih mudah, ada sebuah aplikasi bantu yang dapat kamu pasang, yaitu DropSpace. Untuk menggunakan DropSpace, sebaiknya kamu telah memasang aplikasi DropBox. Sesaat setelah dijalankan, langkah pertama  pada DropSpace adalah memberikan ijin kepada DropSpace untuk mengakses layanan DropBox kamu. DropSpace tidak akan menyimpan akun DropBox kamu, jadi jangan kuatir tentang kerahasiaannya.
t10-433-EmpatT-gb41Setelah proses perijinan berhasil, sebuah tampilan menu utama akan diberikan. Kamu dapat menambahkan folder yang akan langsung kamu sinkronisasikan dengan layanan DropBox. Silakan tap tombol [Manage sync list], kemudian tap item [Directory], dan tampilkan nama folder yang akan disinkronisasi.
Untuk menambahkan folder tersebut, tap dan tahan sedikit lama pada item folder, lalu pilih menu [Add this directory to sync list]. Selanjutnya, pilih folder yang akan menjadi tempat sinkronisasi di layanan DropBox, dengan cara tap dan tahan sedikit nama folder di DropBox yang kamu pilih. Jika sudah selesai, tampilan akan kembali ke daftar folder kamu.
t10-433-EmpatT-gb42Untuk memulai sinkronisasi, kembalilah ke tampilan menu utama dari DropSpace, lalu tap tombol [Sync now]. Proses sinkronisasi antara folder lokal di perangkat Android kamu dengan layanan DropBox. Jika kamu menginginkan proses sinkronisasi ini berjalan otomatis, aktifkan DropSpace sebagai service. Tap item Run as service sehingga diberi tanda cek, lalu tentukan interval waktu yang kamu inginkan, satuannya adalah jam.
Jika kamumenggunakan layanan Internet terbatas, jangan lupa, aktifkan [Sync only on WiFi] agar proses sinkronisasi hanya terjadi jika kamu sedang menggunakan koneksi Wi-Fi.
Demikian empat tips sederhana yang dapat kamu terapkan. Tips lain akan kita bahas di edisi berikutnya.
Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.